Gerakan Senam Yoga Untuk Ibu Hamil Muda dan Manfaatnya bagi Janin

Olahraga Yoga Ibu Hamil - Banyak cara senam atau gerakan yoga untuk ibu hamil baik disaat hamil muda maupun sepanjang menjalani hamil dan penting saat hamil bulan ke 4,7,8 dan 9, manfaat dari senam yoga untuk ibu hamil ini dapat mengurangi sikap malas pada ibu sekaligus dapat memberikan kebugaran dan kesehatan tubuh serta janin. Yoga ibu hamil memang hingga kini dipercaya dapat memberikan kesehatan yang signifikan baik untuk si ibu maupun si jabang bayi dalam kandungannya dengan biaya yang hemat ketimbang harus pergi kedokter secara rutin dengan biaya yang sangat mahal. Gerakan senam yoga pada ibu hamil yang akan dibahas ini merupakan rangkuman beberapa video senam yoga untuk ibu hamil yang diambil dari beberapa referensi media internet, jadi bunda tidak perlu susah payah harus private senam yoga karena sudah banyak video senam yoga ibu hamil yang bisa bunda dapatkan melalui video youtube dari sumber-sumber terpercaya.

Manfaat Senam Yoga bagi Ibu Hamil dan Janin :
  1. Menstabilkan tekanan darah saat hamil dan perkembangan janin lebih sehat
  2. Melanlancarkan aliran darah ke plasenta
  3. Mecegah hormon penyebab stress
  4. Mengurangi resiko lahir premature
  5. Lahir dengan normal tanpa operasi Cesar


Macam-macam Yoga untuk Ibu Hamil :

[1] Yoga Kundalini. Posisi pada yoga kundalini ini pada ranah berbaring, biasanya dilakukan oleh para ibu sedang hamil muda. Tentunkan waktu yang pas melakukan yoga kundalini ini seperti saat pagi hari dan malam menjelang akan tidur. Keadaan perut anda akan berasa nyaman dan mengurangi sakit pinggang saat hamil.

gerakan-yoga-kundali
img screensoot on youtube ehow


[2] Yoga Iyengar. Posisi ini tidaklah terlalu berat dlakukan bagi ibu hamil sebab prinsip posisi yoga inyegar ini tidak terlalu bergerak namun pada senam ini memperhatikan antara tahnik, urutan posisi dan waktu. Lakukan satu atau dua saja posisi inyegar saja agar mudah dihafal.

gerakan-yoga-iyegar
img screensoot on youtube

[3] Yoga Hatha. Posisi senam yoga hatha ini pada prinsipnya hanya pada posisi duduk dan dibarengi dengan gerakan memutar kepala  searah jarum jam dan memuntir pinggang ke kanan dan kekiri yang ditahan hingga pinggang benar-benar terasa nyaman.

posisi-gerakanyoga-hatha
img screensoot on youtube

Jika Anda tertarik untuk beryoga selama hamil, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Cari kelas-kelas yoga yang cocok untuk ibu hamil seperti Kundalini, Iyengar dan Hatha Yoga. Hindari yoga yang mengharuskan Anda memutar tubuh, melakukan yoga di ruangan hangat atau melakukan gerakan beresiko seperti Ashtanga dan Bikram Yoga.
  • Konsultasi dengan dokter Anda sebelum berlatih, dan jika perlu, minta rekomendasi untuk jenis latihan yang bisa Anda ikuti.
  • Pastikan tiap kelas yang Anda ikuti menawarkan gerakan modifikasi sesuai kondisi, pelajaran relaksasi, teknik meditasi serta pernapasan.


Gerakan Senam Yoga seperti diatas dipercaya dapat memberikan kekuatan tubuh pada ibu hamil dan pada janin dalam perut ibu. Perkembangan janin lebih baik dan dapat menghindari janin lahir prematur dan dapat mengurangi resiko abnormal janin. Janin memanglah ciptaan Sang Pencipta, tidaklah apa jika kita berusaha untuk yang terbaik bagi kesehatan janin dalam perut ibu dengan memperbanyak senam yoga. Senam yoga dilakukan selama ibu hamil memang dapat mencegah abnormal janin dan dapat memperlancar poses ibu melahirkan dengan normal tanpa operasi cesar.

Jika bunda masih ragu dan takut dalam melaksanakan yoga disaat hamil disarankan mencari pakarnya untuk konsultasi gerakan erakan yoga yang baik saat hamil. Gerakan yoga ibu hamil diatas hanyalah sebagai referensi bunda yang bisa di tambahkan dari pakarnya.